1. Budaya politik adalah sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu. Hal ini adalah defenisi budaya politik menurut….
a. Marbun
b. Larry Diamond
c. Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
d. Colin MacAndrews
e. Almond dan Powell

2. Orientasi afektif seseorang terhadap sistem politik lebih berkaitan dengan aspek….
a. Pengetahuan
b. Sikap
c. Perilaku
d. Emosi
e. Evaluasi

3. Berikut ini yang termasuk obyek politik umum….
a. Organisasi masyarakat
b. Lembaga politik
c. Lembaga peradilan
d. Undang-Undang
e. Wilayah negara

4. Budaya politik parokial mempunyai ciri sebagai berikut, kecuali….
a. Anggota masyarakatnya tidak menaruh minat pada politik
b. Terbatas pada satu wilayah atau lingkup yang kecil
c. Terdapat dalam masyarakat yang tradisional dan sederhana
d. Cenderung mengabaikan adanya pemerintahan dan politik
e. Perhatiannya terhadap sistem politik sangat rendah

5. Adanya kesadaran bahwa dirinya sebagai anggota aktif dalam kehidupan politik adalah merupakan ciri dari budaya politik….
a. Parokial
b. Subjek
c. Partisipan
d. Patronage
e. Patriomonialistik

6. Masyarakat jawa terdiri dari tiga sub budaya politik, yaitu santri, abangan, dan priyayi. Pandangan ini disampaikan oleh seorang ahli bernama….
a. Herbert Feith
b. Hidred Geertz
c. Clifford Geertz
d. Koentjaraningrat
e. Ben Anderson

7. Kegiatan mendidik masyarakat menjadi warga negara yang sadar dan melaksanakan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bernegara merupakan fungsi partai politik sebagai….
a. Komunikasi politik
b. Sosialisasi politik
c. Kaderisasi politik
d. Pengatur konflik
e. Manajemen konflik

8. Warga negara di sebut sebagai insan politik karena….
a. Manusia hanya sebagai objek dari politik
b. Setiap orang dalam kehidupannya selalu memenuhi kebutuhannya
c. Sejak lahir telah dibekali naluri untuk hidup bekerja sama dan berorganisasi
d. Tidak dapat terlepas dengan manusia lain dalam kehidupannya
e. Sebagai ciptaan tuhan tidak dapat terlepas dengan alam sekitarnya

9. Salah satu upaya partai politik dalam sosialisasi politik adalah…
a. Melaksanakan kampanye menjelang pemilu
b. Menyiapkan kader untuk meneruskan perjuangan
c. Mengadakan komfromi politik dengan saingannya
d. Menyampaikan program kepada masyarakat
e. Menyiapkan kader untuk meneruskan perjuangan

10. Warga negara sebagai insan politik yang mau berpatisipasi dalam bidang politik di sebut….
a. Partisipan
b. Partai politik
c. Lembaga peradilan
d. Undang-Undang
e. Wilayah negara

11. Anak-anak pejabat menjadi pengusaha-pengusaha besar karena memamfaatkan jabatan orang tua mereka dan memperoleh perlakuan istimewa adalah contoh dari budaya politik…
a. Partisipan
b. Parokial
c. Patronage
d. Patriomonialistik
e. Unggul

12. Adanya pemilaha yang tegas antara pengusaha (wong gedhe) dengan rakyat kebanyakan (wong cilik) menjadi ciri dari budaya politik indonesia, yaitu…
a. Berkecendrungan patronage
b. Berkecendrungan patriomonialistik
c. Mempunyai hirarki yang ketat
d. Bhineka tunggal ika
e. Adanya birokrasi yang kaku

13. Sistem hukum demokrasi pada hakikatnya menyatakan bahwa kekuasaan berada di tangan….
a. Tuhan
b. Rakyat
c. Raja
d. Negara
e. Hukum

14. Sikap dan orientasi politik yang bersumber pada nilai-nilai demokrasi adalah….
a. Nilai-nilai politik demokrasi
b. Budaya politik demokrasi
c. Masyarakat politik demokrasi
d. Suprastruktur politik demokrasi
e. Infrastruktur politik demokrasi

15. Menurut plato, bentuk pemerintahan yang dipegang oleh seseorang dan untuk kepentingan dirinya sendiri disebut….
a. Tirani
b. Aristokrasi
c. Demokrasi
d. Anarki
e. Monarkhi

16. Dari sifat-sifat berikut, yang bukan ciri masyarakat madani (civil society) adalah….
a. Bebas dari norma/ nilai-nilai hukum
b. Keanggotaannya bersifat sukarela
c. Mandiri terhadap negara
d. Swadaya
e. Swasembada

17. Civil society harus dikembangkan dalam negara demokrasi agar warga masyarakat dapat….
a. Mempunyai keiatan lain di luar pekerjaan utamanya
b. Mengikuti pemilu melalui organisasi kemasyarakatan
c. Mencegah kesewenang-wenangan negara lain
d. Mempengaruhi kebijakan pemerintah
e. Jawaban A dan C benar

18. Salah satu penyimpangan demokrasi masa orde baru adalah….
a. Pembangunan yang tidak merata
b. Penekanan pada stabilitas politik
c. Prioritas pada pembangunan ekonomi
d. Pemberian kesempatan timbulnya banyak partai
e. Sentralisasi kekuasaan

19. Salah satu prestasi pemerintah pada masa demokrasi terpimpin adalah….
a. Kemampuan pemerintah mengendalikan inflasi
b. Keberhasilan menyelenggarakan konferensi Asia-Afrika
c. Kemampuan pemerintah menumpas pemberontakan ARPA
d. Keberhasilan pemerintah mengembalikan Irian Barat ke Indonesia
e. Keberhasilan pemerintah menyatukan Timor-Timur ke Indonesia

20. Berikut ini ciri pemilu yang demokratis adalah….
a. Perhitungan suara secara jujur
b. Adanya pengawas pemilu dari unsur birokrasi
c. Pembatasan jumlah peserta pemilu
d. Mekanisme pemilihan calon ditentukan oleh partai politik
e. Terjadi mobilisasi terhadap para pemilih

21. Dasar pemerintahan demokrasi di Indonesia adalah…
a. Pasal 1 ayat 1 UUD 1945
b. Pasal 1 ayat 2 UUD 1945
c. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945
d. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945
e. Pasal 2 ayat 2 UUD 1945

22. Hal-hal berikut ini menunjukkan kesamaan kehidupan politik pada masa orde baru dengan kehidupan politik masa demokrasi terpimpin, kecuali….
a. Pemusatan kekuasaan di tangan presiden
b. Pembentukan lembaga ekstra konstitusional
c. Pembelian kepatuhan melalui sistem KKN
d. Pembatasan hak-hak politik rakyat
e. Pembatasan kebebasan pers

23. Warga negara yang memiliki kesadaran terhadap hak asasi manusia berdampak positif terhadap pelaksanaan demokrasi karena…
a. Musyawarah dapat berkembang dalam mengatasi masalah bersama dan pribadi
b. Musyawarah yang dilakukan dalam memecahkan masalah selalu menghasilkan mufakat
c. Hak asasi manusia dapat berlaku dalam segala aspek kehidupan
d. Rakyat dapat melaksankan dan mewujudkan kedaulatan melalui pemilu
e. Adanya dukungan negara lain dalam penerapan demokrasi untuk mewujudkan HAM

24. Wujud kesetiaan kita pada cita-cita nasional yaitu…
a. Menjadi warga negara yang siap ditugaskan dimana saja
b. Tidak mengujat pemimpin yang diduga korupsi
c. Berperan aktif dalam segala kegiatan masyarakat
d. Tidak memerlukan bantuan dari pemerintah untuk berusaha
e. Menjadi pelopor daam pembangunan dan berupaya untuk mandiri

25. Orang yang bersifat terbuka memiliki beberapa ciri, antara lain….
a. Banyak pendapat
b. Bebas berbicara
c. Berbicara kepada siapa pun
d. Menghargai pendapat
e. Membenarkan pendapat sendiri

26. Di bawah ini, manakah yang menunjukkan sikap keterbukaan….
a. Menutup diri dari segala sesuatu yang datang dari luar
b. Menampung semua yang datang dari luar tanpa ada usaha memilih
c. Melakukan sikap keterbukaan yang tanpa batas
d. Memilih budaya asing dengan dalih keterbukaan atau kebebasan
e. Membuka dir terhadap pengaruh dari luar yang cocok dengan kepribadian bangsa kita

27. Keadilan yang berkenaan dengan hubungan antara masyarakat dengan individu disebut keadilan….
a. Legal
b. Distributif
c. Komutatif
d. Vindikatif
e. Kreatif

28. Keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima oleh setiap orang tanpa melihat jasa perseorangan, disebut keadilan….
a. Kodrat alam
b. Konvensional
c. Legalitas
d. Distributif
e. Komutatif

29. Kesediaan pemerintah untuk senantiasa memberikan informasi faktual mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan proses penyelenggaraan pemerintahan adalah pengertian dari….
a. Transparansi
b. Kebebasan informasi
c. Akuntabilitas
d. Good governance
e. Peduli pada stakeholder

30. Cara efektif menumbuhkan budaya keterbukaan kecuali….
a. Aktif melakukan kampanye keterbukaan dimedia massa
b. Aktif, mencermati berbagai kebijakan pemerintah
c. Membiasakan diri bersikap terbuka di lingkungan sendiri
d. Mengajukan kritik tindakan yang arti keterbukaan
e. Mengajukan solusi alternatif untuk mewujudkan keterbukaan

31. Keterbukaan penyelenggaraan berenegara adalah salah satu ciri…..
a. Pemerintahan bebas
b. Pemerintahan monarkhi
c. Pemerintahan oligarkhi
d. Pemerintahan monokrasi
e. Pemerintahan demokrasi

32. Di bawah ini merupakan unsur yang menunjukkan sebuah pemerintahan dikatakan transparan adalah….
a. Pelayanan terhadap masyarakat yang kurang profesional
b. Terbatasnya informasi dengan pemerintah mengenai kebijaksanaan yang ditempuhnya
c. Sempitnya kesempatan media massa mengetahui isi dari pada berbagai dokumen pemerintahan
d. Tertutupnya sidang pemerintah bagi masyarakat dan media massa
e. Adanya konsultasi publik yang dilakukan pemerintah secara berencana

33. Keterbukaan dalam kehidupan bernegara memberi arti penting….
a. Dapat memberiakn informasi ketentuan internal lembaga
b. Dapat menghilangkan ketertutupan dan prasangka buruk dalam penyelenggaraan pemerintahan
c. Dapat meningkatkan partisipasi rakyat dalam penyelenggaraan pemerintahan
d. Dapat memperkuat dukungan rakyat terhadap penyelenggara negara
e. Dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

34. Yang bukan bentuk sikap apresiatif terhadap keterbukaan adalah….
a. Sikap aktif mencermati berbagai kebijakan pemerintah
b. Bersikap apatis terhadap kebebasan informasi
c. Mengajukan kritik tindakan yang arti keterbukaan
d. Mangajukan solusi alternatif untuk mewujudkan keterbukaan
e. Menilai tingkat perkembangan kondisi keterbukaan

35. Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan dalam kehidupan bernegara memberikan akibat negatif…..
a. Bidang hukum ; korupsi politik mempunyai dampak multidimensi yang nyaris membuat bangsa kita mengalami kebangkrutan
b. Bidang politik; berbagai lembaga politik eksekutif, legislatif, dan yudikatif tak dapat berfungsi optimal, sebagaimana mestinya
c. Bidang ekonomi; berbagai kegiatan ekonomi tak bisa berjalan secara wajar
d. Bidang sosial budaya dan agama; kehidupan sosial budaya diwarnai dengan pendewaan materi dan budaya konsumtif
e. Dibidang pertahanan dan keamanan; terjadi ketertinggalan profesionalitas aparat

36. Menurut DaviD Beetham dan Kevin Boyle, pemerintahan yang terbuka setidaknya memiliki empat ciri, kecuali….
a. Pemerintah menyediakan berbagai informasi faktual mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dan sudah dibuatnya
b. Adanya peluang bagi publik dan pers untuk mendapatkan atau mengakses berbagai dokumen pemerintah
c. Pentingnya akses publik tentang pertimbangan-pertimbangan kabinet
d. Terbukanya rapat-rapat pemerintah bagi publik dan pers
e. Adanya konsultasi publik yang dilakukan secara sistematik oleh pemerintah

37. Badu seorang terdakwa dalam kasus pencurian. Tindakan yang adil sesuai dengan hak asasi manusia adalah…..
a. Bebas dari tuntutan apabila dimaafkan oleh korban pencurian
b. Diadakan perdamaian dengan pemilik harta yang dicuri
c. Dibebaskan dar tuntutan apabila barang curian dikembalikan
d. Diadili sesuai dengan hukum yang berlaku
e. Tidak diadili jika pemilik harta tidak mengajukan ke pengadilan

38. Masyarakat akan dapt bekerja dengan tenang untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya kalau….
a. Rakyat dapat bantuan dari pemerintah
b. Ditegakkan keadilan
c. Rakyat dibebaskan dari pembayaran pajak
d. Masyarakat hidup serba kecukupan
e. Tidak ada masyarakat yang unjuk rasa

39. Jaminan keadilan paling efektif dilakukan melalui……
a. Peradilan yang bebas dan tidak memihak
b. Penciptaan peraturan yang tegas
c. Tindakan sistematis dan terlembagakan
d. Hakim yang pandai dan berani bersikap tegas
e. Kepolisian yang professional

40. Kekuasaan cenderung disalahgunakan, semakin besar kekuasaan, semakin besar pula kemungkinan untuk disalahgunakan. Itu adalah pendapat dari…
a. Robert A. Dahl

B. Clifford Geertz
c. Jhon Rawls
d. Lord Action
e. Aristoteles